Peranan Audit Internal Terhadap Penerapan Integrated Management System pada PT Semen Tonasa

Posted: April 11, 2011 in Uncategorized

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Dunia usaha yang semakin berkembang dengan pesatnya pada setiap perusahaan, baik yang bergerak dibidang jasa, perdagangan maupun manufaktur selalu berhadapan dengan masalah-masalah pengelolaan perusahaan. Agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang dengan baik, diperlukan upaya penyelamatan dan penyempurnaan yang meliputi produktivitas, efisiensi serta efektifitas pencapaian tujuan perusahaan.

Seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan, maka kegiatan dan masalah yang dihadapi perusahaan akan semakin kompleks sehingga semakin sulit untuk mengawasi seluruh kegiatan dan operasi perusahaan, dimana semakin besar kemungkinan untuk terjadinya penyimpangan-penyimpangan, kecurangan dan ketidakpatuhan. Masalah-masalah internal yang muncul dalam organisasi sebagian merupakan tanda bahwa fungsi di dalam lembaga tidak dilaksanakan secara sehat. Mengatasi hal ini, salah satu fungsi yang harus diberdayakan secara konsisten adalah fungsi pengawasan yang dapat memicu terlaksananya pengendalian resiko manajemen, sistem pengendalian dan penataatan manajemen yang sehat untuk mendorong kesinambungan dan kelangsungan hidup usaha.

Dalam pelaksanaan pengendalian dapat dilakukan secara langsung oleh anggota perusahaan dan dapat pula dilakukan oleh suatu departemen audit internal. Pihak manajemen dapat membentuk suatu departemen audit internal yang diberi wewenang untuk melakukan pengawasan dan penilaian terhadap pengendalian intern perusahaan. Struktur pengendalian intern dimaksudkan untuk melindungi harta milik perusahaan, meningkatkan efisiensi usaha dan mendorong terjadinya kebijaksanaan manajemen yang telah digariskan.

Proses audit internal tersebut juga terjadi pada perusahaan semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia, PT Semen Tonasa. Proses audit internal, khususnya audit internal sistem manajemen perusahaan PT Semen Tonasa diharapkan dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi sesuai dengan kebijakan sistem manajemen perusahaan yang terintegrasi (Integrated Management System.)

Uraian singkat di atas menjadi dasar dari penulis untu mengkaji lebih jauh mengenai “Peranan Audit Internal Terhadap Penerapan Integrated Management System pada PT Semen Tonasa”.

1.2 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah pada Kerja Praktek ini adalah Peranan Audit Internal Terhadap Penerapan Integrated Management System pada PT Semen Tonasa.

1.3 Tujuan

1.3.1 Tujuan Umum

1.    Mewujudkan kerja sama yang baik dalam bidang pengembangan teknologi antara pihak perusahaan PT. Semen Tonasa dengan pihak lembaga pendidikan dalam hal ini Universitas Hasanuddin Makassar.

2.    Mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan yang telah didapatkannya dengan kegiatan yang ada diperusahaan.

3.    Mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan tambahan dengan aplikasi langsung di lapangan.

4.    Mahasiswa dapat membandingkan teori yang diterima di perguruan tinggi dengan kenyataan di perusahaan.

5.    Memperoleh nilai tambah dan pengetahuan dalam teknologi industri.

1.3.2 Tujuan Khusus

1.    Mengetahui Sistem Manajemen yang diterapkan PT SEMEN TONASA

2.    Mengetahui proses produksi

3.    Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan PT Semen Tonasa dalam perbaikan Sistem Manajemen Semen Tonasa (SMST)

4.    Memenuhi salah satu kurikulum Jurusan Mesin Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

1.4 Metodologi Analisa

Agar tercapainya sistematika dari analisis maka metode kerja praktek yang dilakukan yaitu sebagai berikut:

1.    Studi literatur, yakni pengumpulan data dan keterangan yang diperoleh melalui buku-buku, tulisan-tulisan lain, data-data di departemen Produksi, Litbang Manajemen, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kerja praktek

2.    Studi lapangan, yakni pengumpulan data dan keterangan yang diperoleh di lapangan kerja.

3.    Wawancara (interview), yakni pengumpulan data dan keterangan melalui tanya jawab dengan pihak yang mengetahui mengenai sistem manajemen khususnya pada biro Sistem dan Manajemen Perusahaan dan Departemen Produksi Semen.

1.5 Waktu Pelaksanaan

Kerja praktek ini dilaksanakan mulai dari tanggal 02 Agustus 2010 s.d 31 Agustus 2010 pada Departemen Litbang Manajemen dan Departemen Produksi Semen.

1.6 Bidang Bahasan Kegiatan

Bidang bahasan kegiatan kerja praktek yang dilakukan pada PT. Semen Tonasa adalah bidang bahasan mengenai Peranan Audit Internal Terhadap Penerapan Integrated Management System pada PT Semen Tonasa

1.7 Sistematika Penulisan

Dalam penulisan laporan dibutuhkan sistematika penulisan yang benar agar pihak yang membacanya dapat memahami isi dari laporan ini. Adapun sistematika penyusunan laporan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Bab I        Pendahuluan

Membahas mengenai latar belakang masalah, maksud dan tujuan penulisan, batasan masalah, metode pelaksanaan Kerja Praktek dan sistematika penulisan.

Bab II      Tinjauan Umum Perusahaan

Membahas tentang sejarah PT. Semen Tonasa.fasilitas produksi PT Semen Tonasa,status perusahaan visi dan misi PT. Semen Tonasa, sistem manajemen Semen Tonasa sasaran perusahaan,struktur organisasi perusahaan.

Bab III Tinjauan Pustaka

Membahas tentang sistem manajemen secara umum

Bab IV Peranan Audit Internal Terhadap Penerapan Integrated Management System pada PT Semen Tonasa

Membahas tentang proses audit internal yang terinetgrasi yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa

Bab V Penutup

Membahas mengenai kesimpulan dan saran.

disusun oleh

Iqbal Ismail (D22107031)

Iqrimah Nawalsari (D22107025)

INDUSTRIAL ENGINEERING 2007

HASANUDDIN UNIVERSITY

 

Laporan Kerja Praktek Iqbal Ismail ii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s