SISTEM MAINTENANCE PLTD PT. PLN (PERSERO) WILAYAH SULSEL, SULTRA & SULBAR SEKTOR TELLO MAKASSAR (PERIODE : 29 JUNI S/D 29 JULI 2009)

Posted: Desember 30, 2011 in Uncategorized

BAB I
PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang
Salah satu jenis penggerak mula yang banyak dipakai adalah mesin kalor, yaitu mesin yang menggunakan energi termal untuk melakukan kerja mekanik, atau yang mengubah energi termal, menjadi energi mekanik. Energi itu sendiri dapat diperoleh dengan proses pembakaran, proses fisi bahan nuklir, atau proses lain-lain. Ditinjau dari cara memperoleh energi termal ini mesin kalor dibagi menjadi dua golongan, yaitu mesin pembakaran luar dan mesin pembakaran dalam.
Pada mesin pembakaran dalam luar proses pembakaran terjadi diluar mesin, energi termal dari gas hasil pembakaran dipindahkan ke fluida kerja mesin melalui beberapa dinding pemisah. Mesin pembakaran dalam pada umumnya dikenal dengan nama motor bakar. Dalam kelompok ini terdapat motor bakar torak, sistem turbin gas dan propulsi pancar gas, proses pembakaran berlansung didalam motor bakar itu sendiri sehingga gas pembakaran berlansung didalam motor bakar itu sendiri sehingga gas pembakaran yang terjadi sekaligus berfungsi sebagai fluida kerja.
Motor bakar menggunakan beberapa silinder yang didalamnya terdapat torak yang bergerak translasi (bolak-balik), Didalam silinder itulah terjadi pembakaran antara bahan bakar dengan oksigen dari udara. Gas pembakaran yang dihasilkan oleh proses tersebut mampu menggerakkan torak yang oleh batang penghubung dihubungkan dengan poros engkol. Gerak translasi torak tadi menyebabkan gerak rotasi pada poros engkol dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol menimbulkan gerak translasi pada torak.
Motor bakar torak terbagi menjadi dua jenis utama yaitu motor bensin (otto) dan motor diesel. Perbedaan yang utama terletak pada sistem penyalaannya. Bahan bakar pada motor bensin dinyalakan oleh loncatan api listrik diantara kedua elektroda busi. Didalam motor diesel, trejadi proses penyalaan sendiri, yaitu bahan bakar disemprotkan kedalam silinder berisi udara yang bertemperatur dan bertekanan tinggi. Bahan bakar itu terbakar sendiri oleh udara, yang mengandung 21% volume O2, setelah temperatur campuran itu melampaui temperatur nyala bahan bakar. (Disadur dari ”penggerak mula Motor Bakar”-Wiranto Arismunandar,hal 1-5 ).
Salah satu penggunaan motor bakar torak adalah pada mesin diesel dipusat pembangkit tenaga listrik. Hal ini mendorong kami untuk mengadakan KP (Kerja Praktek), dengan judul “Sistem Pemeliharaan Mesin Diesel” pada Unit PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) di PT. PLN (Persero) Wilayah Sulseltra-bar Sektor Tello Makasssar.
Oleh karena itu, mesin diesel membutuhkan perawatan yang baik, teratur dan lebih profesional guna menghasilkan kerja mesin yang maksimal, serta memperpanjang umur komponen-komponen mesin itu sendiri.

I.2. Defenisi Kerja Praktek
Kerja praktek adalah program magang mahasiwa pada institusi yang bergerak dibidang teknik mesin dan bidang lain yang relevan.
Kerja praktek merupakan salah satu persyaratan wajib yang diikuti oleh setiap mahasiswa sebelum memperoleh gelar kesarjanaannya. Kerja praktek memiliki bobot 2 sks yang dilaksanakan selama 1 bulan pada tempat tempat magang yang sesuai. Kerja praktek diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir karena mereka sudah dapat menggunakan pengetahuan yang dimiliki untuk keperluan kerja praktek.

I.3. Tujuan Kerja Praktek (KP)
I.1.1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari kerja praktek ini kami lakukan adalah untuk mengadakan perpaduan antara ilmu yang telah kami dapatkan di bangku perkuliahan dengan kejadian-kejadian di lapangan sebagai objek penerapan teori, khususnya menyangkut mesin diesel. Di samping itu merupakan suatu persyaratan untuk memenuhi kurikulum pada Jurusan Teknik Mesin Universitas Hasanuddin Makassar.
I.1.2. Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus dari kerja praktek ini adalah :
a. Mengetahui dasar kerja dari pembangkit listrik tenaga diesel khususnya pada PT. PLN (Persero) Wilayah VIII Sektor Tello.
b. Mengetahui sistem pemeliharaan mesin diesel khususnya pada PLTD PT. PLN (Persero) Wilayah VIII Sektor Tello.
I.1.3. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah yang perlu diketahui pada mesin pembangkit listrik tenaga diesel pada PLN unit pembangkit I Tello sebagai berikut :
a. Sistem perawatan dan pemeliharaan mesin diesel khususnya pada PLTD PT. PLN (Persero) Wilayah VIII Sektor Tello.
b. Tinjauan umum mesin diesel khususnya pada PLTD PT. PLN (Persero) Wilayah VIII Sektor Tello.

I.4. Manfaat Kerja praktek Bagi Institusi Tempat Kerja Praktek
1. Institusi dapat memanfaatkan mahasiswa Kerja Praktek dalam membantu menyelesaikan tugas-tugas di unit kerja masing-masing
2. Institusi mendapat alternative calon karyawan yg telah dikenal mutu dan kredibilitasnya.
3. Menciptakan kerjasama yang baik antara Jurusan Mesin Fakultas Teknik UNHAS dan Institusi tempat magang mahasiswa.

I.5. Waktu danTempat Kerja Praktek
Tempat pelaksanaan kerja praktek pada PT. PLN (PERSERO) wilayah SULSELTRA-BAR Sektor Tello unit PLTD.Waktu pelaksanaan kerja praktek dari tanggal 29 Juni – 29 Juli 2009.

I.6. Metode Penulisan
Dalam mendapatkan data guna penyusunan laporan Kerja Praktek di PT. PLN (PERSERO) wilayah SULSELTRA-BAR Sektor Tello unit PLTD kami menggunakan metode penulisan sebagai berikut:

Pengamatan di Lapangan.
Pengamatan dimaksudkan untuk memperoleh data-data aktual yang merupakan gambaran nyata yang terjadi pada PT. PLN Sektor Tello dengan jalan:
 Observasi, yaitu melakukan pengamatan secara langsung jalannya proses yang menjadi tinjauan umum penulis.
 Wawancara, yaitu untuk mendapatkan data yang diperlukan dengan melakukan wawancara langsung dengan narasumber dalam hal ini karyawan perusahaan yang memberikan penjelasan dan data yang berhubungan dengan objek penulisan dalam laporan ini.

Penelitian Kepustakaan
Penelitian kepustakaan ini merupakan penelitian untuk landasan teori dari laporan ini dengan jalan membaca berbagai macam literatur baik yang bersumber dari buku-buku ilmiah milik pribadi maupun yang bersumber dari arsip kepustakaan milik perusahaan.

disusun oleh
MUHAMMAD AKBAR A. (D211 05 015)
M. FADLAN NUR (D211 05 039)

JURUSAN MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2009

Sampul

Bab I

Bab II

BAB III

BAB IV

BAGAN STRUKTUR

LAMPIRAN

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s